Assalamu alaikum wr.wb.

Suara takbir bergema menandakan hari fitri, yakni Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1429 H kembali hadir di tengah-tengah kita. Shaum Ramadhan telah kita lewati, sehingga yang tinggal adalah semangat untuk beramal sholeh. Semangat tersebut  seharusnya tidak menurun karena kita terlenakan dengan suasana lebaran, kuatkan niat, mulailah targetkan amalan-amalan yang bisa kita laksanakan di bulan Syawal.

Pertama, targetkan silaturahim kepada keluarga besar, terutama orang tua dan saudara-saudara terdekat, kemudian perluas dengan silaturahim kepada tetangga, teman, dan kenalan-kenalan.

Kedua, targetkan untuk tetap menjaga qiyamullail, tilawah Al Quran, tahfidz Al Quran. Untuk target yang kedua ini memang butuh semangat yang tinggi karena godaan untuk melalaikannya sangat besar, sehingga selalulah bermohon kepada Allah swt sehingga kita terhindar dari kelalaian.

Ketiga, targetkan untuk segera mengqodho Shaum Ramadhan yang tertinggal karena halangan menstruasi, sakit, dll (khususnya bagi muslimah) sehingga bisa melanjutkan untuk shaum 6 hari di bulan Syawal.

Selanjutnya buatlah target-target lain sesuai kesempatan yang kita milik.

Wassalamu alaikum wr.wb.