Ngamprah,- Pagi itu (Rabu 14 November 2007) di SDIT Fithrah Insani Ngamprah terlihat suasana yang berbeda dari biasanya…, di sepanjang Jl. Simbiosis menuju sekolah telah berbaris siswa-siswi berseragam kepanduan (nama program serupa Pramuka di SIT FI)…, kemudian di halaman sekolah juga telah bersiap barisan siswa-siswi lainnya, sebagian memegang angklung dan sebagian lagi memegang pianika. Sementara semua guru dan staf juga terlihat sibuk dengan tugasnya masing-masing…

AkreditasiSekitar pukul 08.30 ternyata datang dua buah mobil dan parkir di halaman parkir, masing-masing keluar seorang Bapak yang kemudian keduanya diarak dan disambut oleh tim Kepanduan dari siswa-siswi kelas-4… setelah sampai di gerbang sekolah, keduanya dikalungi rangkaian bunga melati oleh Ketua POMG (Pak Kisnanto, ayahanda Aulia kelas-6 dan Shofi kelas-4) dan Kepala Sekolah (Pak Wahyudin). Sementara di halaman siswa-siswi menyambutnya dengan berbagai aktivitas, yaitu kelas-6 menyambut dengan nyanyian wilujeng sumping (selamat datang, lagu gubahan guru-guru SDIT FI sendiri… ), yang kelas-3 mengiringi dengan pianika, serta kelas4-6 mengiringinya dengan angklung. Tamu tersebut disambut dengan nyanyian dan musik hingga memasuki ruangan kantor yang juga telah menunggu ketua yayasan dan jajarannya.

Rupanya tamu istimewa pagi itu adalah Pak Nandang dan Pak Asep Rachmat yang merupakan asesor (penilai akreditasi sekolah dari UPA SM, Unit Penilai Akreditasi Sekolah dan Madrasah) Provinsi Jawa Barat dari Kabupaten Bandung yang memang hari itu dijadualkan melakukan penilaian akreditasi atas SDIT FI. Selamat Datang Para Asesor….

Yaa… alhamdulillah tahun ini SDIT FI termasuk sekolah yang dijadualkan untuk diakreditasi, setelah tahun lalu mengajukan diri tetapi tidak dikabulkan, karena tahun lalu memang belum memiliki lulusan. Semua guru dan staf memang sudah sejak lama –dan intensif mulai Ramadhan– menyiapkan dan mengumpulkan segala dokumen terkait dengan proses akreditasi ini. Yaa, kalau berdasar hasil evlauasi diri atas semua poin yang menjadi standar penilaian akreditasi sudah cukup memuaskan, dan semua stake holder SDIT FI sudah yakin akan mendapat nilai di atas 85, artinya mendapatkan nilai akreditasi “A”

Proses akreditasi hari Rabu yang lalu itu dimulai dengan pembukaan yang di antaranya diisi dengan beberapa sambutan dan presentasi dari sekolah dan yayasan yang menggambarkan kondisi umum dari semua sisi di SDIT FI. Lalu sambutan dari para asesor…

“Sebenarnya penilaian sudah selesai dengan melihat apa yang tadi telah dipaparkan oleh SDIT FI…, tapi berikutnya tinggal membuktikan apakah memang benar apa yang dipaparkan dan didukung bukti-bukti yang lengkap…” Begitu kira-kira yang disampaikan oleh Pak Nandang. “Kesan pertama begitu menggoda…, selanjutnya terserah anda…” Pak Asep menambahkan dengan menyitir jargon sebuah iklan parfum. Bahkan beliau berpesan, kalaulah kali ini SDIT FI mendapatkan akreditasi A, tekadkan untuk meningkatkan menjadi Sekolah Standar (SS), Sekolah Kategori Mandiri (SKM), atau bahkan Sekolah Berstandar Internasional (SBI).

Kemudian pemeriksaan berkas yang sudah disiapkan dan wawancara dengan hampir seluruh stake holders SDIT FI dilakukan oleh beliau berdua dan kemudian juga dilanjutkan dengan peninjauan fisik ke kelas-kelas, ke perpustakaan, UKS dan lain sebagainya.

Akhirnya…., do’a dari seluruh sivitas akademika di SDIT FI Ngamprah adalah semoga sebagaimana hasil evaluasi diri yang telah dilakukan, SDIT FI mendapatkan nilai yang bagus dan mendapatkan akreditasi “A”…. Amiiin…