WelcomeNgamprah – “Selamat datang, Ahlan wa sahlan, Welcome to Sekolah Islam Terpadu (SIT) Fithrah Insani“, begitulah banner besar yang dibentangkan bersamaan dengan peluncuran Pa Karso dengan tali dan kepala di bawah dan peluncuran Gisya, siswi baru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) FI dari atas lantai dua gedung SMPIT FI dengan flying fox.

Hal tersebut menandai dimulainya acara Masa Orientasi Sekolah (MOS) bagi siswa-siswi MOS-SD-SMP IT-FIkhususnya siswa-siswi baru kelas I SDIT Fithrah Insani dan kelas VII SMPIT Fithrah Insani yang pembukaannya dipusatkan di halaman SMPIT FI. Memang selama satu pekan pertama ini (mulai tanggal 16 Juli 2007) siswa-siswi SDIT dan SMPIT FI melakukan MOS dan belum efektif belajar. Dalam masa satu pekan ini siswa-siswi baru mendapatkan berbagai permainan dan kegiatan untuk mempersiapkan diri memasuki masa belajar efektif pekan depan.

 SDIT Fithrah Insani menampung 5 kelas

Tahun pelajaran 2007-2008 ini terdapat 140 siswa baru di SDIT FI yang terbagi dalam 5 kelas (rombongan belajar). Sebenarnya sebelumnya SDIT FI merencanakan untuk menerima 4 rombel atau 120 siswa, namun karena permintaan dari masyarakat yang masih terus mengalir setelah jumlah siswa 120 tercapai, SDIT FI akhirnya membuka kelas kelima.

Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengelola, karena hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat atas kualitas pendidikan di Fithrah Insani cukup baik. Tentu saja dengan harapan bahwa kepercayaan ini dapat ditunaikan dengan sebaik-baiknya.

Dalam acara pembukaan MOS ini pula telah secara simbolis diserahkan dokumen yang disebut “akad amanah” dari orangtua siswa baru kepada Kepala Sekolah, di mana orangtua menyerahkan amanah pembinaan anak-anaknya kepada sekolah disertai kesediaan untuk senantiasa bekerjasama untuk membina anak-anak tersebut.

 Hari pertama SMPIT FI

Tahun pelajaran 2007-2008 ini adalah merupakan tahun pertama dimulainya pembelajaran di SMPIT FI di mana terdapat 30 siswa baru di SMPIT FI ini. Mereka berasal dari berbagai sekolah, di antaranya dari SDIT FI, SDIT Nur Al-Rahman, SD Hikmah Teladan, MI Asih Putera, SDN Cimareme 2, SDN Cimahi 10, dll.

Menempati gedung yang baru, SMPIT FI optimis menatap masa depan, baik kelembagaan maupun prestasi siswanya. Pada sesi awal MOS, terlihat antusiasme siswa-siswinya untuk berkenalan lebih jauh dengan sekolah dan yayasan Fithrah Insani. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari Fahmi, Afif, Agi, Yona dll yang menanyakan seluk-beluk Yayasan FI.

Semoga Yayasan FI dan semua lembaga di bawahnya mampu menjaga dan mengemban amanah yang telah diberikan, dan mewujudkan visinya untuk menjaga fithrah dan membina insan kamil. Aamiin…